1.467 Desa dari 8 Kabupaten Siap Laksanakan Pilkades di 2021

Keterangan : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel, Zulkifli saat memberikan penjelasan terkait Pilkades 2021 di 8 kabupaten. (Ist)

BANJARBARU,NASIONALPUBLIK.ID -
 Setidaknya ada sekitar 1.467 desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Diketahui, data yang sempat diperoleh ini merupakan hasil survey dari masing-masing Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) di 8 kabupaten di wilayah Kalimantan Selatan.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel Zulkifli mengatakan dari 8 daerah yang menyelenggarakan Pilkades, baru Kabupaten Banjar berhasil melaksanakan.
"Alhamdulillah, pelaksanaannya di Kabupaten Banjar lancar dan berjalan kondusif. Masih ada lagi, tinggal 7 wilayah di Kalsel," ujarnya, kepada Ifakta.id, Rabu (23/6) kemarin.
Akan tetapi, dia menegaskan, penyelenggaraan Pilkades pada 2021 seluruhnya dilimpahkan kepada masing-masing Dinas PMD dari kabupaten setempat.
"Semuanya ada di tingkat kabupaten, termasuk anggaran pelaksanaannya pun juga mereka yang lebih mengetahui," jelasnya.
Dirinya menyebutkan, kabupaten yang dinyatakan siap menyelenggarakan Pilkades pada 2021 melaui daftar yang ada di Dinas PMD Kalsel meliputi, Barito Kuala (Batola), Banjar, Tanah Laut (Tala), Tanah Bumbu (Tanbu), Tapin, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, dan Tabalong.
"Untuk total ada 8 secara keseluruhan yang dipastikan menyelenggarakan Pilkades pada 2021, pelaksanaannya sudah ada didalam kalender PMD Kalsel," ungkapnya.
Diketahui data yang dirilis pada 2021 melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi bahwa Kalimantan Selatan memiliki 1.864 desa dari 144 kelurahan dan 153 kecamatan yang tersebar di 13 kabupaten/kota dengan jumlah penduduk diperkirakan mencapai hingga 3.930.251 jiwa. (AN/AD)